Senin, 28 November 2016

Kegiatan Selama di aLiYup Computer

Cara Mengubah MBR ke GPT menggunakan Diskpart

Tidak dapat dipungkiri bahwa GPT (GUID Partition Table) jauh lebih baik daripada MBR (Master Boot Record). GPT dan MBR adalah dua standar yang berbeda untuk menentukan tata letak tabel partisi pada harddisk. GPT memiliki beberapa kelebihan dibanding Mbr yakni :
  1. Drive GPT memungkinkan kita untuk membuat 128 partisi dalam satu harddisk sedangkan MBR hanya bisa membuat empat partisi primary saja.
  2. GPT mendukung harddisk yang kapasitasnya lebih dari 2 Terabytes sedangkan MBR hanya 2tb saja.
  3. Tidak seperti MBR, GPT menyimpan data booting dan partisi di beberapa lokasi sehingga apabila terjadi corrupt maka data bisa di recover.

Langkah mengkonversi MBR ke GPT

Sebelum melakukan konversi, silahkan backup dulu semua data yang ada karena proses ini akan menghapus semua file dan folder yang ada di dalam disk.
Step 1. Buka Command prompt, kemudian buka Diskpart windows dengan mengetikkan perintah berikut C:\Windows\system32\diskpart
mbr1

Step 2. Ketik list disk untuk melihat disk atau partisi yang ada di system

mbr2

Step 3. Kemudian pilih disk yang ingin diubah dari MBR ke GPT. Ketik select disk <nomor disk yang mau di ubah>
mbr3

Step 4. Kalau sudah memilih disk yang akan di ubah selanjutnya ketik clean. Perintah ini akan menghapus semua file yang ada di dalam disk.

mbr4

Step 5. Terakhir, ketik convert gpt dan tunggu hingga muncul pesan bahwa konversi telah sukses

mbr5

Sekarang tinggal keluar dari command prompt, ketik exit. Begitulah caranya mengubah atau convert MBR menjadi GPT menggunakan Diskpart.

sumber : http://putraharun.blogspot.com/2016/03/cara-mengubah-mbr-ke-gpt-menggunakan-diskpart.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar